Wednesday, March 25, 2009

Before moving to Canada

Sebelum Berangkat ke Canada

Jika anda mendapat visa landed immigrant, kami masyarakat Indonesia di BC mengucapkan selamat. Selain rasa senang biasanya pikiran anda akan dipenuhi dengan berbagai pertanyaan bagaimana memulai hidup di Canada, tentunya ada banyak sekali pertanyaan yang muncul. Dan jika anda berencana menetap di BC, website ini tempat yang tepat untuk mendapatkan informasi penting yang bisa menjadi referensi. Juga buat pemegang working visa dan student visa.

Berikut beberapa pertanyaan yang sering muncul:

Question:
Apa perlu membawa SIM International?
Answer:
Kalo anda berniat driving nantinya sebaiknya anda membawa SIM International karena selain anda bisa langsung menggunakannya juga anda tidak perlu menerjemakan waktu anda membuat SIM di BC.

Question:
Apa perlu menyiapkan pencarian kerja dari Indonesia? Apa saja yang bisa dilakukan?
Answer:
Betul anda bisa memulai pencarian kerja dari Indonesia. Seperti mengumpulkan reference, setidaknya anda harus punya dua orang referensi yang nantinya bisa dihubungi lewat telepon dari Canada oleh candidate employer. Anda juga bisa meyiapkan resume dengan format yang umum di Canada. Juga anda bisa melakukan riset industri seperti siapa saja pemainnya, apakah ada asosiasinya, apakah ada list websitenya. Pencarian kerja akan dibahas lebih mendalam di site khusus di website ini.

Question:
Bagaimana cara mencari tempat tinggal sementara?
Answer:
Ada baiknya tinggal di homestay karena selain harganya reasonable juga anda bisa pinjam alamat ke landlord untuk keperluan pendaftaran SIN dan Carecard nantinya. Craigslist adalah tempat utama untuk mencari tempat tinggal sementara melalui internet. Anda bisa cari berdasarkan harga sewa misal antara $800 - $ 1400 juga bisa mencari berdasarkan suburb. Anda bisa kirim email ke pemasang iklan untuk bertanya mengenai transportasi, minta foto tempat dan booking. Anda bisa menggunakan google map untuk melihat lokasinya. Biasanya anda butuh 15 sampai 30 hari tinggal di tempat tinggal sementara sebelum bisa mendapatkan tempat tinggal tetap.

Question:
Barang-barang apa saja yang perlu dikirim/bawa?
Answer:
Sebaiknya anda mengirim/bawa barang-barang personal saja. Tidak perlu mengirim perabotan karena kemungkinan besar akan rusak/pecah dalam perjalanan. Seperti furniture dari kayu akan retak kena udara dingin. Perlu juga diingat untuk tidak membawa makanan karena peraturan custom Canada di airport yang ketat sekali. Selain juga sebagian besar makanan Indonesia ada di Vancouver. Juga tidak membawa uang lebih dari $10000. Anda bisa membawa traveler cheque atau mentransfernya nanti setelah anda punya bank account di Canada.

Question:
Masalah kesehatan apa yang perlu dipersiapkan?
Answer:
Healthcare di Canada tidak menanggung masalah gigi dan mata. Perusahaan di mana anda kerjalah yang akan menanggung ini, bahkan biasanya hanya untuk full time job tidak untuk part time atau contract. Meskipun anda bisa beli asuransi untuk gigi dan mata tapi biasanya mahal sekali, setidaknya $ 1000 per orang per tahun. Jadi ada baiknya sebelum anda pergi ke dokter gigi dulu di Indonesia untuk memastikan tidak perlu ke dokter gigi untuk setidaknya setahun ke depan. Demikian juga dengan kaca mata.

Question:
Apakah perlu menutup credit card account di Indonesia? Apakah mudah mendapatkan credit card setelah tiba di Canada?
Answer:
Tidak mudah mendapatkan credit card di Canada kalau anda belum punya pekerjaan tetap, mungkin bisa saja tapi dengan back up saving anda. Tapi sebagian besar pembayaran bisa dilakukan secara cash, tidak memiliki credit card tidak masalah, kecuali pembayaran tertentu seperti menyewa mobil. Jadi tergantung keperluan jika anda berencana menyewa mobil anda perlu credit card dari Indonesia.

Question:
Apakah perlu menerjemahkan academic record?
Answer:
Ada baiknya anda menerjemahkan academic record dari universitas anda ke dalam English untuk keperluan melanjutkan study nantinya di Canada.

Jika anda ada pertanyaan atau usulan mengenai artikel di atas silahkan kirim email ke
permai_bc@yahoo.ca atau menulis comment di bawah ini.

(English Version)

Before moving to Canada

If you get a landed Immigrant visa, we people of Indonesia in BC like to say congratulation. In addition to feeling happy mind you will usually fill with many questions how life started in Canada, of course there are many questions that arise. And if you plan to live in BC, this website is the perfect place to get information that can be an important reference, also for the holder of a working visa and student visa. Here are some questions that frequently appear:

Question:
Is it necessary to bring the International driver license?
Answer:
If you intend to drive it is good idea to bring it because you can use it for 90 days and also you don’t need translation when you apply for BC driving license.

Question:
Is it necessary to start job search from Indonesia? What can be done?
Answer: Yes it is better to start the search from Indonesia. As the reference, you should have at least two references who can be contacted later by telephone from Canada by candidate employer. You can also prepare resume with Canada style format. Also you can research your industry like who is the player, is there any association, is there any list of company’s website. The search will be discussed more in-depth site-specific in this website.

Question:
How do I find a place to stay temporarily?
Answer: It is a good idea to stay at homestay because of reasonable price and also you can borrow the address from landlord for the purpose of registration of SIN and Carecard later on. Craigslist is the main website to find the temporary place to stay. You can search by price for example rent between $ 800 - $ 1400 and it can also search by suburb. You can send an email to the advertisers to ask about transportation, more room photos and request a booking. You can use google map to view location. Usually you need 15 to 30 days stay in homestay while looking permanent one.

Question:
What items should be sent / taken?
Answer:
We suggest you send / bring personal items only. No need to send the furniture because it will most likely be damaged / broken in transit. Furniture such as wooden akan cracked a cold. Please also remember not to bring food because the custom regulations in Canada that tight airport once. In addition to most of the Indonesian food in Vancouver. Also, money does not bring more than $ 10,000. You can bring traveler checks or transfer it later after you have a bank account in Canada.

Question:
Health problems that need to be prepared?
Answer:
Healthcare in Canada does not bear the teeth and eyes. Company in which you work that will bear, and usually only for full-time job not for part time or contract. Although you can buy insurance for dental and eye, but usually very expensive, at least $ 1000 per person per year. So it's good idea you go to the dentist in Indonesia first to ensure that you do not need dentist treatment for period at least six month. Likewise with the eye glass it you wear.

Question:
Do I need to close credit card accounts in Indonesia? Is it easy to get credit card after arriving in Canada?
Answer:
It is not easy to get credit card in Canada if you do not have job security, you may get credit card with your saving as a back up. But most of the payment can be done in cash, do not have a credit card is not a problem, except certain payments such as rent a car. So depending on the needs if you plan to rent a car right away then you need credit cards from Indonesia.

Question:
Is it necessary to translate the academic records?
Answer:
It is a good idea to translate your academic record from your university in Indonesia from Bahasa Indonesia into English just in case you want to continue study in Canada.

If you have questions or suggestions about the article above please send email to permai_bc@yahoo.ca or write comment below.

8 comments:

  1. terima kasih permai BC untuk tips2 nya, kalo saya pindah beserta istri dan 2 anak, barang2 penting apa saja yg harus dikirim melalui cargo ? apakah barang2 seperti cermin,ricecooker,coffee table beserta kursi,tv ?
    mungkin permai BC bisa kasih saran, barang2 seperti apa yg spesifik yg harus di bawa nanti !

    salam
    Taufik Ismail

    ReplyDelete
  2. Yang paling penting harus dibawa adalah barang-barang pribadi. Dan bahkan sebenarnya cukuup barang-barang pribadi saja. Furniture takutnya rusak dalam perjalan, barang eletronik perlu dipikirkan beda voltage (110V di Canada).

    ReplyDelete
  3. Salam PERMAI BC, mau tanya,PR kami sudah ok dan jika first landing dan membuat bank account,credit card dan SIN di toronto, dan ternyata nanti pindahannya ke vancouver apakah ada masalah ? karena belum bisa menentukan toronto atau vancouver, tapi yg jelas first landing nanti di toronto ! mohon pencerahannya terima kasih.
    dari jakarta TJNK

    ReplyDelete
  4. Tidak ada masalah. Vancouver punya cabang semua bank utama di Canada.

    ReplyDelete
  5. Saya 35 tahun, sudah menikah dan punya 2 anak, tertarik untuk bekerja di Canada, adakah yang mau menjadi sponsor saya?
    tolong hubungi saya di no telp.081347816005.
    Terima Kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  6. Halo Permai BC, bagaimana dengan sepeda? Saya tertarik utk migrasi ke vancouver dan ingin membawa serta sepeda kesayangan buat transportasi harian disana. apa ada kesulitan di airport utk item spt sepeda (lama)? Trims.

    Max
    Jakarta

    ReplyDelete
  7. Tidak ada masalah. Silahkan dibawa sepedanya.

    ReplyDelete
  8. Berapa pajak penghasilan disana saat ini? Trims.

    Wahyu
    Jakarta

    ReplyDelete