Wednesday, March 25, 2009

Cultural difference tips

Beda budaya sopan santun

Yang di Indonesia dibilang umum atau sopan bisa dibilang tidak di Canada atau sebaliknya berikut beberapa tips:

Antri berlaku di mana saja, mulai beli tiket, beli makanan atau naik bis semua orang harus mencari tahu siapa yang datang lebih dulu

Jika anda berbicara anda harus menjaga eye contact, sesering mungkin melihat lawan bicara anda karena kalo tidak lawan bicara anda akan merasa tersinggung atau mengira anda sedang menyembunyikan sesuatu. Meskipun buat ukuran Indonesia kadang ini bisa berarti terlalu agresive.

Berjabat tangan tidak boleh hanya menempelkan tangan, tapi harus benar-benar rekat kalo tidak ini bisa berarti anda mengacuhkan atau kurang beratensi. Mungkin di Indonesia karena udara panas tangan pada basah, udara juga bikin badan cepet capai, jadi jabat tangan cukup menempelkan tangan.

Menggunakan tangan kiri dalam memberikan sesuatu sangat umum di Canada. Di Indonesia ini tidak sopan.

Penggunaan title Pak, Om, Mas tidak umum di Canada bahkan kepada boss anda cukup memanggil dengan nama depan.

Bersin di antara orang banyak sebaiknya dihindari atau menutup rapat-rapat dengan lengan tangan anda.

Jika anda baru berkenalan dengan seseorang sebaiknya tidak bertanya urusan pribadi. Bahkan pertanyaan di mana anda tinggal sebaiknya dihindari karena itu sudah tergolong urusan pribadi di Canada ini. Jika anda ingin tahu urusan pribadi lawan bicara anda seperti di mana anda tinggal, anda bisa memulai dengan cerita di mana anda tinggal dan kenapa anda tinggal di daerah itu, kemudian lihat reaksinya. Ini juga berlaku untuk masalah pribadi lainnya seperti agama, pekerjaan, keluarga, asal suku, dll.

Jika anda ada pertanyaan atau usulan mengenai artikel di atas silahkan kirim email ke permai_bc@yahoo.ca atau menulis comment di bawah ini.

English Version

Cultural differences tips

When something consider as normal or polite in Indonesia, it doesn't have to be the same in Canada, some of them may be impolite or vice versa following a few tips:

Queued apply anywhere, starting from buy ticket, buy food or hop on the bus, people have to line up. The last person arrive have to look for the last person in the line.

When you speak to someone you should maintain eye contact as often as possible otherwise he/she will think that you are ignoring him/her or you are hiding something. Although from Indonesia point habit this could be too agresive. the size of Indonesia for this can sometimes mean too agresive.

When you shake you should do it firmly otherwise he/she will think that you are not well or doesn't relly like to know him/her or other negative felling.

Using left hand to give or to accept something is very common in Canada. In Indonesia, this is not polite.

Use of title Pak, Om, Mas is not common in Canada and even to the boss you can just call their first name.

Sneezing among the people should be avoided or seal with your hands arms.

If you are acquainted with someone new you should not ask your personal affairs.

Even the questions like where do you live should be avoided because it is classified as private in Canada. If you want to know your opponent personal affairs, you can start with telling the story about yourself such as where do you live and why you live in the area, and then see your opponent the reaction. If they are interested you can go on ask where they live. This also applies to other personal issues such as religion, occupation, family, ethnic origin, etc.

If you have questions or suggestions about the article above please send email to permai_bc@yahoo.ca write comment below.

6 comments:

  1. Hallo,
    Sangat bermanfaat infonya; hanya belum menyentuh kebutuhan mendasar pertanyaan pribadi/individu yang hendak bekerja menjadi TKI sseperti di negara lainnya (Malaysia, Saudi Arabia, Dubai,Taiwan,dst.nya).
    Bagaimana caranya menjadi TKI di Canada.
    Mohon informasi , pls ? Gus.B

    ReplyDelete
  2. hallo, apakah ada artikel menyusul lainnya ?
    Seperti pengalaman hidup di Canada sebagi pendatang ?Salut utk wadah kounikasi spt Permai !
    Thanks.

    ReplyDelete
  3. Kami bukan ahlinya jadi jangn dijadiin patokan tapi kurang lebih begini: prasyarat jadi TKI di Canada jauh lebih sulit dibanding di negara-negara AsTeng atau TimTeng. Karena Canada hanya butuh sedikit sekali tenaga kerja dan itupun yang sangat tinggi skillnya.

    Berikut link informasi bagaimana mendapatkan visa kerja

    http://www.cic.gc.ca/english/inFORMation/applications/work.asp

    atau untuk jadi permanent resident

    http://www.cic.gc.ca/english/immigrate/index.asp

    ReplyDelete
  4. D3 di canada dalam study di kenal gak ??

    ReplyDelete
  5. Kok dari pengalaman orang Canada ga jabat tangan ya klo kenalan.

    ReplyDelete
  6. Infonya bagus, saya agak syok karena hubungan dengan tetangga kurang dekat di canada ini ya, tidak seperti di indonesia. Saya baru saja pindah ke Sparwood, BC. Sayang sekali tempatnya jauh sekali dari Vancouver ya, jadi apakah saya tetap sebaiknya jadi member? Mudah-mudahan Permai BC bisa jadi media yang baik untuk saling komunikasi

    ReplyDelete