Wednesday, May 19, 2010

Festival Film Indonesia yang Pertama di Vancouver

Pada tahun-tahun terakhir, Vancouver telah menjadi salah satu pusat industri perfilman. Pertumbuhan tersebut beriringan dengan dibukanya beberapa festival film, termasuk Vancouver International Film Festival. Beberapa film Indonesia telah ditayangkan di Vancouver Film Festival dimana menerima sambutan yang hangat dari penggemar film di Vancouver. Maka hal itu membuat Prodjektor Entertainment meng-organisasi Festival Film Indonesia yang pertama diadakan di Vancouver, BC.

Dengan bantuan pihak Konsulat Jendral Republik Indonesia di Vancouver dan menjadi bagian dari program explorASIAN, Prodjektor Entertainment mempersembahkan Indonesian Film Festival (I.F.F.) 2010. Yang akan di adakan pada tanggal 22-23 Mei 2010 di Pacific Cinematheque Theatre, 1131 Howe St, Vancouver BC.

Festival tahun ini akan menayangkan 3 film dan satu film non-komersil yang akan memberi wawasan sekilas tentang sejarah, insan dan alam Indonesia. Keempat film tersebut telah dipilih untuk menjadi film tayang pada Festival Film Indonesia di Vancouver yang pada tahun ini diberi tema "Inspirational Indonesia".

Keempat film yang akan ditayangkan pada Festival Film Indonesia di Vancouver tahun ini antara lain:

Laskar Pelangi (The Rainbow Troops) film yang diadaptasi dari novel Andrea Hirata dengan judul yang sama. Film ini telah diputar di berbagai festival film di Asia, Eropa dan Amerika Utara. Laskar Pelangi menjadi pemenang SIGNIS Award yang ke 33 di Hong Kong International Film Festival (Mei 2009) dan menjadi pememang ketiga atas pilihan penonton di Udine Far East Film Festival di Itali pada tahun 2009. Film ini juga diunggulkan pada kategori Best Film dan Best Editor pada Asian Film Award 2009. Laskar Pelangi merupakan film Indonesia yang terbanyak ditonton di Indonesia pada tahun 2008.

Film kedua berjudul Sang Pemimpi (The Dreamer), merupakan sambungan dari Laskar Pelangi dan memenangkan NETPAC Critics Award 2010 di Singapore International Film Festival 2010. Pada tanggal 23 Mei, 2010, penulis novel Laskar Pelangi, Andrea Hirata dan Landung Laksono, salah satu pemain dari film Sang Pemimpi akan tampil di Vancouver dalam diskusi terbuka. Untuk mendapatkan informasi yang lebih lanjut Anda dapat mengikutinya di www.prodjektor-iff.com

Film ketiga yang tak kalah menariknya, berjudul KING. Bagi penggemar olahraga bulu tangkis nama  Liem Swie King sudahlah tidak asing lagi. Film ini menceritakan perjalanan hidup dari pebulutangkis legenda Liem Swie King dari masa kecilnya hingga dia menjadi pebulutangkis yang terkenal. Dan film yang terakhir adalah Di Bawah Langit Yang Sama (Under the Same Sky), film non komersil yang dibuat oleh para mahasiswa Indonesia di Australia.

Jadwal:

Sabtu, 22 Mei, 2010
11:00 The Rainbow Troops
13:00 Istirahat
13:30 Under the Same Sky

Minggu, 23 Mei, 2010.
10:30 King
12:45 The Rainbow Troops
05:00 The Dreamer

No comments:

Post a Comment