Friday, May 14, 2010

Gastown

Salah satu tempat wisata yang wajib hadir bagi pendatang baru mau pun yang sudah lama berdomisili di Vancouver, adalah Gastown. Yang mungkin saja cerita dibalik Gastown tidak begitu diketahui oleh banyak orang. Mengetahui sedikit tentang latar belakang Gastown akan membuat kita lebih menikmati obyek wisata yang satu ini.

Gastown boleh dikatakan merupakan pusat kota (downtown) pertama dari kota Vancouver. Yang diambil dari nama Jack Deighton dengan nama panggilannya “Gassy Jack”. Gassy adalah seorang pelaut, kapten kapal uap dan pelayan bar dari Inggris yang hijrah ke Vancouver pada tahun 1867 dengan membuka warung minuman (keras). Bersamaan itu pula dibuka kilang penggergajian Hasting dan pelabuhan maka dengan cepat Gastown menjadi tempat pusat perdagangan di Burrard Inlet. Banyak para nelayan dan tukang penebang kayu demikian pula dengan para kapten dan pekerja kapal jika sedang tidak bekerja, mereka akan singgah ke Gastown.

Pada tahun 1886 Canadian Pacific Railway membuka gudang untuk menyimpan tiang-tiang di Water Street. Pada tahun yang sama Gastown bergabung menjadi City of Vancouver. Gastown juga merupakan salah satu korban dari Great Vancouver Fire (api yang melalap bangunan di sekitar Cambie, Water, Cordova, Hasting dan Carrall Street). Tetapi untungnya hanya dalam waktu empat hari pembangunan gedung dapat dimulai setelah api padam.

Gastown menjadi pusat grosir untuk minuman keras sampai waktu Great Depression pada tahun 1930 an. Dan banyak pula dibuka warung-warung minuman (diperkirakan ada 300 ijin usaha di sekitar 12 blok sampai di Granville Street). Setelah masa Depression berlalu, Gastown mulai dilupakan orang dan menjadi daerah yang kurang diperhatikan pada tahun 1960 an. Hal ini dikarenakan Gastown ingin tetap menjadi tempat untuk orang minum minuman keras. Dan untuk menarik banyak orang datang maka dibuka hotel-hotel murah supaya para peminum itu dapat berlama-lama di Gastown. Gastown menjadi daerah kumuh yang kita kenal sekarang seperti Vancouver Downtown Eastside. Karena akibat Great Depression banyak orang yang menganggur, tak punya uang, tetapi banyak dari mereka menjadi pecandu berat minuman keras.

Sekitar tahun 1960 an, penduduk sekitar sangat kuatir dengan adanya rencana pemerintah yang akan membuat jalan bebas hambatan (freeway) dengan merubuhkan banyak gedung di sekitar Gastown, Chinatown dan Stratchona. Maka diadakanlah kampanye oleh penduduk sekitar dan pada pedagang setempat untuk melawan rencana tersebut. Pada tahun 1971, dibuat deklarasi bahwa daerah Gastown, Chinatown dan Stratchona dijadikan tempat bersejarah, dan pemerintah akan melindungi bangunan di sekitarnya hingga hari ini. Hal ini terjadi setelah terjadi kerusuhan besar antara para hippies dengan polisi pada tahun yang sama. Dan pada tahun 2009, Gastown telah dijadikan sebagai tempat bersejarah dalam sejarah Canada.

Hari ini, Gastown bukan saja tempat bersejarah sekaligus tempat berkelas, dengan adanya butik mode dan perlengkapan perumahan, tempat persinggahan turis, kedai kopi, rumah makan, kelab malam dan apartemen mahal. Dan berbagai bisnis juga tersedia di Gastown (dari kantor pengacara, arsitek, toko komputer, galeri seni, musik, studio, sampai sekolah pembuatan film).

Gastown selain dikenal sebagai tempat turis, juga merupakan tempat diadakannya acara tahunan Festival Jazz Internasional (Vancouver Jazz International Festival), yang dimulai sejak tahun 1985 dan dihadiri oleh banyak musisi jazz dunia seperti Miles Davis, Wynton Marsalis, Bobby McFerrin, Tito Puente, Tony Williams dan George Benson. Dari Canada seperti musisi jazz Diana Krall, Holly Cole, Oliver Jones dan Oscar Peterson. Dan Gastown juga dijadikan ajang lomba balap sepeda Tour de Gastown (yang sudah diadakan sejak tahun 1973).

Dan atraksi yang paling terkenal dan menarik banyak turis di Gastown adalah Gastown Steam Clock, jam yang digerakkan dengan tenaga uap, yang sudah tidak banyak diproduksi lagi di dunia. Jam tenaga uap ini disebut sebagai salah satu produk pertama yang dibuat didunia. Uap akan terlihat keluar dari jam tersebut setiap 4,5 menit. Dan tiap limabelas menit jam tersebut akan melagukan genta lonceng Wesminster. Sejam sekali, jam tersebut akan membunyikan peluitnya yang keras.

Dan tahun 1977 waktu pembaharuan dareah Gastown, jam tenaga uap itu pun diperbaiki dan hendak diganti dengan sistim tenaga listrik. Tetapi dengan bantuan para usahawan sekitarnya, maka jam tersebut tetap dijalankan dengan tenaga uap, seperti yang sudah banyak dikenal sejak jaman revolusi insdutri.

Dibalik keterpurukkan dari Gastown pada masa lalunya, hari ini ternyata Gastown dapat tampil menawan, terutama Gastown Steam Clock-nya yang banyak menarik perhatian turis mancanegara yang singgah ke Vancouver.

Sumber: Internet

No comments:

Post a Comment